RSS

eppor part 4


Walaupun masih sekolah, mustinya kita harus udah bisa menghasilkan uang sendiri, yah..walaupun dikit. Yang penting kan judulnya ‘uang sendiri’ hasil keringet sendiri. Pastinya orang tua bisa bangga ‘dikit’ punya anak kayak kita. Hihi..

Itulah salah satu alasan sekumpulan makhluk-makhluk antik binti aneh binti langka yang disebut eppor,ngebet baget pengen cari kerja. Selain alasan pengen punya duit lebih, pengen nyari kesibukan bareng, dan yang paling penting cari ‘kecengan’ *hihihi..jiwa dodol teuteup nemplok permanen, yaa..sekali mendayung, dua tiga benua terlampaui kan.. siapa tau ada sesosok makhluk ganteng  mirip artis korea yang nyasar terus ketempat kita kerja gitu,wkwkwk.


Kita mau kerja apa aja deh, asal gak jual diri. *bisa dipecat dari status anak sama ortu kalo gitu. Kita sibuk mikir kerjaan apa yang cocok buat kita. Yang kira-kira jam kerjanya sekitar jam 4 sore sampe jam 6 sore.*gile! Kerja apaan Cuma dua jam!.ya, inilah ploblemnya, kita pulang sekolah jam 3 sore.kalo mau kerja sampe malem, kapan waktu belajarnya kalo gitu. Bisa-bisa ortu ngamuk-ngamuk kalo nilai sampe turun bak perosotan anak TK. *kalo berat badanku yang nurun sih gapapa. Wekekek..
“Oke, wirausaha aja!” fitri semangat 45. “mau jual apa?” kataku yang gak punya ide sama sekali.butek. “jual pin aja! Pinnya itu gambar artis hallyu. Pasti laku kan..di sekolah kita banyak yang kpopers!” fitri masih dengan semangat berkobar bak bung tomo yang menyemangati rakyat Surabaya. “Ayo,tapi dimana kita buatnya?” “ehm…”.

Hening.

Kita bingung banget musti pesen pin dimana. So, rencana wirausaha kita simpen dalem-dalem.*kubuur kaleee.
Ooo
“Mau kerja enggak?
Bu lika ngajakin kita bisnis nih, inget kan bu lika? Guru PPL kita pas SMP.
Gimana?”

Sms lala bikin aku yang masih manggut-manggut kayak ayam teller karna abis bangun tidur, langsung melek! Waw, bisnis? Dari namanya aja udah keren, eppor berbisnis man!. Keren gak tuh?. Langsung cepet-cepet ku bales sms lala,maksain jari yang masih lemes lunglai effect bangun tidur.

mauuu!!!!
Bisnis apaan jeung?”

hp-ku kembali bergoyang disko,alias geter-geter. Lala bales sms, asiik! Bisnis! *semangat bangett yak!

entar mau dijelasin sama bu likanya, kita tentuin kapan aja”

“oke, minggu!”

Muka ku yang tadinya kusut kayak pakaian yang gak pernah digosok, mendadak sumringah.licin! Oh indahnya dunia. Ini lebih indah daripada ketemu ‘gaje’ yang ‘dodol’ itu!
Hari minggu datang. Aku siap-siap pake baju rapih,dandan yang cantik plus pake minyak wangi segentong. Hihi..

Aku berangkat ke masjid depan gang sekolah, eitts.bukan buat pengajian, kan udah janjian mau ketemuan sama bu lika. Bisnis gitu…

Fitri dateng, senyum-senyum gak jelas. “hai.. hehe” aku nyengir lebih gak jelas. “asekk kita bisnis..” fitri sumringah. “emang kita bisnisnya gimana sih?” aku masih gak maksud. Lemot. “kita tu kayaknya suruh jualan polis gitu..”. “apa! Huaa… jadi tukang obat dong kita. Wekekekekkk… gak bagus banget!” ngakak. “iya, tapi kan lumayan boook. Buat mempergemuk dompet kita yang dah kurus kerontang ini!” “iya juga sih. Harus dikasih vitamin yang banyak ini. Di imunisasi aja yuk biar gak KANKER. Alias kantong kering!” kataku asal. “haha.. eh, kalo misalnya kita bener jadi tukang obat gitu, ntar gue nawarin ke emak gaje gue dong! Waw…” “hiyaa… aseek, entar kalo elu beneran jadi mantunya, masa emaknya bilang gini, ‘oh..ini kan yang waktu itu jual obat sama ibu,ya kan…’ turun reputasi! Haha..”. fitri manyun.

Udah hampir satu jam aku dan fitri nunggu. Bedak yang nemplok di muka udah luntur. Bau parfum yang wangi kayak mbak kunti kalo lewat sekarang udah campur bau ketek. Suram! Lala gak nongol juga batang idungnya. Nih anak emang ratunya telat! Ammpuuun dagh! Awas ya kalo dateng! *asah golok.
“hehe… maap ya teman-teman.” Lala dateng sambil nyengir-nyengir bikin hasrat pengen nabok bertambah. 

Aku sama fitri melotot penuh makna. ‘jam-berapa- baru- dateng- hah!!!!!’­ itu maknanya. Lala mengkeret. 
Rohmah gak ikut karena dia gak mau diajak jadi tukang obat. Wekekekk.

Gak lama dari kedatangan lala yang bikin esmosi, bu lika yang dinanti dateng. Pake mobil warna biru kinclong, bikin ngiler!. Itu ibu buka kaca sambil melempar senyum manis. Waw.. udah lama gak ketemu, bu lika nambah cantik aja. Hihihi..*tapi gak lebih imut dari kami gadis-gadis polos nan kiyut ini. hueekk!
Kita diajak ke tempat temennya bu lika naek mobilnya sambil ngobrol-ngobrol mengenang masa SMP. *heuum..kangen..

Sampe disana, kita langsung melongo berjamaah, deg-degan!. Gila! Kok tempatnya angker gini yak? Eh, bukan, lebih mirip markas mafia! Oh mai gat!! Ini serius tempat tinggal? Kita ragu-ragu mau masuk,padahal bu lika udah ngeloyor masuk duluan. Bismillah! Mulut kita gak berhenti komat kamit berdoa semoga gak ada penggerebekan polisi. Ngeri! Masa entar kita masuk Koran dengan tulisan gede-gede ‘SISWA SMA TERLIBAT PERDAGANGAN GELAP!’ gak lucu banget! Turun reputasi!

Sampe dalem, kita bisa napas lega, ternyata itu beneran ‘rumah’ tempat tinggal. Fiuuh. Disitu, temennya bu lika yang ngejelasin apa yang harus kita kerjain nanti. Dia nyerocos panjang lebar. Plus ‘ngiming-ngimingin’ kita,kalo entar bakalan bisa bayar sekolah sendiri, punya uang banyak,bisa beli mobil lagi..yang kayak bu lika. Hihi, kayaknya tu mbak-mbak bisa baca pikiran kita.

Tapi,yang namanya’eppor’,kalo udah ‘berprasangka’ gak enak dari awalnya, ya.. kita sama sekali gak tertarik lagi!. Kita mah senyum  sambil manggut-manggut aja ngedengerin mbak-mbak itu ngomong. Hihihi. Masuk lobang kuping kiri, keluar lobang idung kanan.

Pulangnya, bu lika dengan baik hati,mau ngaterin kita pulang, plus mentraktir kita makan-makan.. beuuh.. baikk deh!! Alhamdulillah ya, bisa menyelamatkan dompet kita yang makin hari makin kurus kerontang ini. *tapi badanku enggak lho! Masih teteup berisi lho. Sehat kan. Wekekekkk

Bu lika nganterin kita sampe depan masjid tempat tadi kita nunggu.
Karna itu masih siang, kita sempetin dulu buat makan (lagi) es krim bertiga.*dasar perut gentong!. Sambil ngomongin masalah jualan obat tadi. Hihi.. kita ngakak bareng-bareng ngebayangin kalo bener-bener jadi tukang obat. Lucu kali ya!

“gimana, planning jadi tukang obat kita remove aja! Ganti yang laen..”  kata fitri sambil melahap es krim dengan ganas. “hem.. udah.. kita wirausaha aja, jualan apa kek gitu..” lala juga melahap es krimnya gak kalah ganas. “yaudah..entar kita pikirin lagi” jawablu yang sambil melahap es krim dengan anggun. Kikikikkk. Jiwa berdagang masih membara, tapi gak untuk dagang obat!
Go wirausaha go!!!

0 komentar:

Posting Komentar